TAS BATIK TRADISIONAL VS TAS BATIK KULIT

Saat ini tas batik telah menjadi tren di kalangan pecinta tas. Seiring perkembangan waktu maka tas batik pun mengalami perkembangan bahan. Kini tas batik tidak hanya terbuat dari kain batik tok saja, namun para pengrajin telah menambahkan bahan lain pada tas batik ini yaitu bahan kulit.

Nah, sebenarnya apa dan bagaimana  kedua tas ini, mari telusuri info yang akan saya beri pada anda

Tas batik tradisional

Batik TradisionalTas batik yang umum dijual kepada masyarakat bisa kita kelompokkan menjadi 2 macam. Tas batik tradisional dan tas batik premium.  Tas batik tradisional cukup mudah ditemui di pasar rakyat, sentra buah tangan atau gerai gerai kecil-menengah. Tas tipe ini lebih mengedepankan fungsi daripada model. Biasanya tanpa menggunakan kerangka dalam sehingga tas menjadi lebih simple dan lunak. Beberapa pengrajin memberi sentuhan kreatifitas dengan menggabungkan beberapa potongan bahan alami sebagai aksesoris pemanis. Yang paling sering digunakan sebagai paduan biasanya tempurung kelapa yang dibentuk menjadi oval dan bulat untuk bagian kancing, potongan kayu berbentuk tapal kuda sebagai handle tas atau anyaman serat rami untuk bagian bibir tas.

Kebanyakan tas batik tradisional menggunakan kain printing dengan motif budaya setempat sebagai contoh di Jogjakarta dan Solo, tas batik tradisional kebanyakan berwarna coklat dengan motif parang atau sekar jagad. Karena struktur tas yang relative sederhana dan bahan yang mudah didapatkan, tas batik tradisional lebih mudah untuk dikerjakan serta dapat dikerjakan secara massal dengan corak yang seragam. Seorang pengrajin yang berpengalaman mampu membuat hingga 25 tas sehari. Tas batik tradisional memiliki ruang bagian dalam maksimal 2 buah yang dibatasi dengan sebuah sekat. Bagian dalam menggunakan material parasit atau beludru.

Harga tas batik tradisional sangat bersahabat antara 15 ribu hingga 120 ribu. Yogyakarta dan Solo menjadi salah satu produsen terbesar untuk tas kategori ini

Tas batik kulit

tas Batik Cap CirebonanTas batik kulit mulai dikenal pada medio 2009. Jakarta menjadi cikal bakal lahirnya tas batik premium. Bahan yang digunakan sangat berbeda. Tas batik tipe ini menggunakan kombinasi kulit hewan asli sebagai paduannya. Batik yang digunakan kebaanyakan batik tulis atau setidaknya kombinasi cap dan tulis. Tas batik kulit memiliki 2 macam kerangka yaitu lunak dan kaku. Penggunaan kerangka tersebut disesuaikan dengan model yang akan dibuat. Beberapa kerangka yang sering digunakan diurutkan dari yang paling kaku yaitu serat fiber, karton, bubur kertas, busa dan kulit sintetis. Setiap produsen tas batik memiliki kekhasan masing masing dalam pemilihan bahan baku sehingga walaupun bentuknya sepintas sama akan tetapi hasil akhirnya bisa berbeda.

 Bagaimana?

Tas manakah yang lebih mengena di hati anda?

semoga bermanfaat (kk_40)

 

 

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

ORDER & DELIVERY

Telp/SMS : 088-16157430
BBM : 3153AB35
YM : cHat With mE
email : kriyalea@gmail.com

Pengiriman dilakukan setiap Hari Selasa dan Kamis.

LIKE US ON FACEBOOK

TRANSLATION

Live Traffic Feed

Feedjit Widget
free counters