PERBEDAAN BATIK JAWA TENGAH DAN JAWA TIMUR

Seperti yang kita tahu, batik banyak diproduksi di daerah Jawa. Diantara berbagai propinsi di Pulau jawa, terdapat dua propinsi yang populer dengan batiknya, yaitu propinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Apabila dicermati secara seksama, batik dari kedua propinsi ini sangat berbeda, baik dari sejarah, warna, corak, dan motif.

Mari ikuti artikelnya yang akan saya bagi pada anda.

1. Sejarah

Di Jawa Tengah, batik mulai dikenal sejak zaman kerajaan Mataram. Dari kerjaan-kerajaan di Solo dan Yogyakarta sekitamya abad 17,18 dan 19, batik kemudian berkembang luas.

Di Jawa Timur, sejarah Batik sangat erat kaitannya dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan kerajaan-kerajaan sesudahnya. Batik sudah dikenal pada abad 17 di kerajaan Majapahit.

PADA zaman penjajahan Belanda, batik dikelompokkan menjadi dua kelompok besar, yakni batik vorstenlanden dan batik pesisir. Yang disebut batik vorstenlanden menurut buku Ungkapan Sehelai Batik karya Rahmaniar Soerianata Djoemena adalah batik dari daerah Solo dan Yogyakarta (Jawa Tengah). Yang dinamakan batik pesisir adalah semua batik yang pembuatannya dikerjakan di luar daerah Solo danYogyakarta(Jawa Timur). Pembagian asal batik dalam dua kelompok ini terutama berdasarkan sifat ragam hias dan warnanya.

Batik Tuban Merah

Batik Jawa Timur

 

Batik Pekalongan

batik jawa tengah

 

 

2. Warna dan Motif

Batik Jawa timur mempunyai perbedaan mencolok jika dibandingkan dengan batik Jawa Tengah.

Batik Jawa Tengah pedalaman dari Solo dan Yogyakarta, menggunakan warna-warna sogan, indigo, hitam dan putih. Jawa Tengah mempunyai motif dasar yang relatif terikat pada pakem tertentu. Motif-motif ini mempunyai sifat simbolis dan berlatarkan kebudayaan Hindu-Jawa.

Sedangkan batik Jawa Timur mempunyai motif yang lebih bebas, tanpa terikat pakem-pakem motif. Ragam hias batik Jawa Timur bersifat naturalis dan dipengaruhi berbagai kebudayaan asing terlihat sangat kuat. Warna-warna yang dipakai batik Jawa Timur tampak lebih cerah.

Nama-nama  batik di Jawa Tengah diantaranya Batik pekalongan , Batik lasem ,  dan  batik solo

Sedangkan batik di Jawa Timur diantaranya batik banyuwangi,  batik tuban dan batik ponorogo

 

3. Sentra Batik

Sentra daerah batik Jawa Timur yaitu Sumenep (Pekandangan), Sampang, Bangkalan (Tanjung Bumi), Pamekasan, Gresik, Sidoarjo (Jetis dan Sekardangan), Porong (Kedung Cangkring), Mojokerto (Mojosari), Jomabang, Kediri, Trenggalek, Pacitan, Banyuwangi, Bondowoso (Maesan), Lumajang, Tulungagung, Magetan, Ponorogo.

Sentra produksi batik di Jawa Tengah banyak dijumpai di Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kota Surakarta, dan Kabupaten Sragen.

 

Bagaimana?

Sekarang anda tahu kan perbedaan batik Jawa tengah dan Jawa timur, bukan?

semoga bermanfaat (kk_34)

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

ORDER & DELIVERY

Telp/SMS : 088-16157430
BBM : 3153AB35
YM : cHat With mE
email : kriyalea@gmail.com

Pengiriman dilakukan setiap Hari Selasa dan Kamis.

LIKE US ON FACEBOOK

TRANSLATION

Live Traffic Feed

Feedjit Widget
free counters