Motif Corak Hias Geometris

Motif dari Corak hias geometris merupakan corak hias yang mengandung unsur-unsur antara garisdan bangun misal garis miring, belah ketupat, persegi panjang, trapesium, bujur sangkar,jajaran genjang, lingkaran, dan bujur sangkarbintang. Unsur ini yang disusun secara berulangulang membentuk satu kesatuan corak khusus. Yang termasuk ragam hias gemoetris adalah sebagai berikut:

1. Motif Corak Ceplok

Motif ceplokan atau Corak ceplok merupakan corak batik yang didalamnya terdapat gambaran-gambaran bentuk binatang, roset, lingkaran, dan variasinya. Ada beberapa nama corak batik ceplok yaitu ceplok cakra kusuma, ceplok supit urang, ceplok truntum, dan ceplok nogo sari.

2. Motif Corak Ganggong

Banyak yang menganggap bahwa corak ganggong adalah corak ceplok sebab jika dilihat sepintas kelihatan sama maka saat diperhatikan secara detail, akan terlihat perbedaan antara corak ganggong dengan corak ceplok. Biasanya orang yang paham batik akan memperhatikan perbedaan ini, dan yang paling utama bila batik akan digunakan untuk kepentingan tertentu. Ciri khas yang menjadi pembeda antar corak ganggong dengan ceplok adalah adanya bentuk isen yang terdiri dari seberkas garis yang panjangnya tidak sama dan juga ujung garis yang paling panjang berbentuk serupa tanda +. Nama-nama corak ganggong antara lain ganggong sari, ganggong madusari, danganggong arjuna.

3. Corak Parang dan Lereng

Corak parang adalah salah satu corak yang cukup sangat terkenal dalam kelompok corak garis miring. Corak ini terdiri atas satu atau lebih ragam hias yang tersusun membentuk garis-garis sejajar dengan sudut kemiringan 45º. Diberi contoh corak parang dan lereng adalah parang rusak dan lereng ukel.

4. Corak Banji

Corak banji berdasar pada ornamen swastika, disusun atau dibentuk dengan menghubungkanswastika pada garis-garis, sehingga membentuk sebuah corak. Swastika ini menggambarkankekerasan yang diterima oleh masyarakat pada masa pendudukan Jepang di Indonesia.Batik dengan corak banji memang berkembang pesat di saat terjadi penjajahan Jepang. Di masakini, corak ini tetap digunakan untuk melambangkan perjuangan melawan ketidak adilan.Nama-nama corak banji antara lain banji guling, banji bengkok, banji kerton, dan banji lancip.mjs26

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

ORDER & DELIVERY

Telp/SMS : 088-16157430
BBM : 3153AB35
YM : cHat With mE
email : kriyalea@gmail.com

Pengiriman dilakukan setiap Hari Selasa dan Kamis.

LIKE US ON FACEBOOK

TRANSLATION

Live Traffic Feed

Feedjit Widget
free counters