MENGINTIP TAS DARI BAHAN FLANNEL

Pernah mendengar kain flannel? Ya, kain ini lumayan terkenal bagi dunia kerajinan tangan. Nah pada postingan kali ini, saya akan berbagi pada anda salah satu kerajinan dari bahan flannel, yaitu tas dari bahan flannel.

Sejarah kain flannel
Kain flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol, tanpa ditenun. Proses pembuatan kain flanel disebut juga wet felting, yaitu proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan jenis kain flanel atau felt yang beragam tekstur dan jenisnya, tergantung dari campuran bahan pembuatnya.Flanel adalah jenis kain tertua dalam sejarah manusia, lebih tua dari kain tenun dan rajut, meskipun ada bukti arkeologi dari British Museum yang menunjukkan bahwa bahan benang yang pertama kali dikenal oleh manusia dibuat dengan mengangin-anginkan serat sayuran di tempat yang tinggi. Di Turki, bekas-bekas penggunaan kain flanel yang telah ditemukan diperkirakan berasal dari tahun 6500 SM. Jenis kain flanel yang sangat rumit juga ditemukan dalam kondisi diawetkan di sebuah makam di Siberia yang berasal dari tahun 600M.

Fungsi kain flannel
Penggunaan material flanel yang lain di antaranya dalam industri otomotif untuk mengurangi getaran pada panel interior, untuk melapisi bagian atas meja biliar serta untuk membantu menghasilkan suara yang bersih pada simbal drum atau pada piano. Sejak pertengahan abad ke 17 sampai dengan sekarang kain felt juga digunakan sebagai bahan pembuat topi para pria.
Banyaknya fungsi kain flanel, karena kain flanel memiliki keunikan yakni warnanya beragam, ada merah, kuning, hijau, ungu, abu-abu, pink dan hitam. Kemudian bahannya lentur tetapi tidak mudah lepas, mudah digunting, bias dijahit, bias dilem dibandingkan kain-kain yang lainnya seperti blacu, saten atau katun. Kain flanel ini juga dapat diaplikasikan dalam berbagai kerajinan lain yang lebih unik dengan corak warna yang lebih meriah.

tas dari bahan flannel

cara membuat tas dari bahan flannel

langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

- Persiapkan alat dan bahan: 1. gulung benang merah 2. mesin jahit 3. gunting 4. setumpuk perca flanel 5. 1/2 m kain blacutas perca pelangi 6. 1/2 m kain flanel motif buat dalemannya ben terliat cantik

- cara pembuatannya:

  1. Gabungkan kain perca satu demi satu, dengan warna selang-seling
  2. Bikin tas dari kain blacu, a. potong kain balacu lebar 50 cm panjang 100 cm b. jahit membentuk kantong ukuran 50 x 50 cm c. jahit bagian pojok bawah kanan dan kiri
  3. Buat daleman tas dengan bahan kain flanel motif, dengan cara yang sama dengan membuat tas
  4. Pasang aplikasi perca pada bagian depan tas
  5. Buat 2 helai tali dengan lebar 10 cm dan panjang 100 cm
  6. Pasang tali yang telah dibuat
  7. Tas siap dipakai

Cara merawat kain flannel

beberapa hal yg harus diperhatikan adalah sbb:

  1. Jangan terlalu lama direndam karena warna kain bisa menjadi pudar.
  2. Jangan disikat menggunakan sikat kasar,nanti flanelnya cepat berbulu.
  3. Hindari penggunaan pemutih saat mencuci flanel.
  4. Usahakan untuk tidak menjemur dibawah sinar matahari langsung, karena dapat mengakibatkan warna flanel memudar.

Selain diatas, kelemahan kain flanel juga cepat berbulu. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memotong bagian yang berbulu dengan gunting tajam. Bisa juga dengan menyetrika kain flanel (set setrika agar tidak terlalu panas) setelah dicuci dengan cara yang telah disebutkan diatas.

semoga bermanfaat.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

1 Comment + Add Comment

  • Terimaksih ya informasinya sangat bermanfaat.. Untuk tas yang berbahan dari flanel kira2 apa kuat ya??Karena klo saya lihat kainnya kayak rapuh gitu

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

ORDER & DELIVERY

Telp/SMS : 088-16157430
BBM : 3153AB35
YM : cHat With mE
email : kriyalea@gmail.com

Pengiriman dilakukan setiap Hari Selasa dan Kamis.

LIKE US ON FACEBOOK

TRANSLATION

Live Traffic Feed

Feedjit Widget
free counters