MEMBUAT TAS DARI BAHAN PLASTIK

Plastik merupakan bahan yang merepotkan karena tidak bisa hancur bila ditimbun dalam tanah.  Padahal pada jaman sekarang ini, semua serba memakai plastik. Apabila kita membeli barang, pasti kita akan diberi plastik untuk membungkus barang belanjaan kita.

Membakar plastik-plastik ini ternyata bukan merupakan cara yang efektif untuk mengurangi sampah plastik.  Tapi ternyata ada cara yang cerdik untuk memanfaatkan sampah plastik menjadi barang yang berguna. Dengan sedikit kreativitas, plastik tak berguna itu menjadi barang yang punya nilai jual tinggi, yaitu membuat tas dari bahan plastik.

tas plastik

Anda tertarik?

Berikut ini saya akan bagikan info tentang cara membuat tas mungil dari bahan plastik

Berikut ini Alat dan bahannya:

  1. 4 kemasan plastik 450 ml dengan corak dan warna yang senada (2 buah untuk sisi depan dan belakang, 2 buah lagi untuk sisi kiri dan kanan). 50cm bisban dengan ukuran lebar 3cm untuk tali tas.
  2. 1 m bisban dengan ukuran lebar 2cm.
  3. 4 cm perekat
  4. 30 cm renda katun sebagai pemanis.
  5. Jarum (ukuran 16) dan benang jahit berwarna senada.

Cara membuat:

  1. Bersihkan kemasan plastik dari segala noda dan kotoran. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan kertas tisu. Jika noda sulit dibersihkan, Anda bisa merendam plastik di dalam air hangat. Jangan menggunakan air yang terlalu panas, karena akan merusak tekstur plastik.
  2. Gunting dua buah kemasan dengan ukuran yang diinginkan. Usahakan potongan kedua kemasan plastik memiliki ukuran yang sama.
  3. Gunting dua kemasan lain (untuk sisi kiri dan kanan) menjadi dua bagian lebarnya (7cm). Jahit bisban pada sisi lebar masing-masing kemasan yang sudah dipotong.
  4. Pasang dan jahit perekat, dengan menggunakan mesin jahit, pada bagian dalam masing sisi depan dan belakang.
  5. Pasang dan jahit bisban lebar 3cm pada bagian permukaan plastik (sisi depan dan belakang), sebagai tali tas.
  6. Kemudian pasang dan jahit renda katun sekaligus bisban pada sisi atas lembar kemasan plastik. Lakukan langkah ini pada kemasan plastik untuk sisi depan dan belakang.
  7. Sambungkan kedua kemasan plastik yang sudah dipotong berukuran 7cm (untuk sisi kiri dan kanan tas). Sehingga membentuk lembaran panjang.
  8. Hubungkan dan sambung dengan jahitan mesin, bagian tadi (no.7) dengan lembaran plastik untuk sisi depan dan belakang.
  9. Lalu pasang bisban pada seluruh tepinya. Jadilah sebuah tas mungil nan cantik, berbahan kemasan plastik. Cara yang sama juga bisa Anda lakukan untuk tas yang berukuran lebih besar. Tinggal ganti ukurannya saja

 

Semoga bermanfaat (kk_36)

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

ORDER & DELIVERY

Telp/SMS : 0822-16902044
BBM : 7E6D9C64
YM : cHat With mE
email : kriyalea@gmail.com

Pengiriman dilakukan setiap Hari Selasa dan Kamis.

LIKE US ON FACEBOOK

TRANSLATION

Live Traffic Feed

Feedjit Widget
free counters