KAIN TENUN DONGGALA KHAS SULAWESI TENGAH

Indonesia sangat terkenal dengan kekayaan budayanya yang khas. Di setiap propinsi kita bisa menemukan kekayaan budaya seperti kain. Sulawesi Tengah adalah salah satu propinsi yang terkenal dengan kain tenunnya. Tepatnya di kabupaten Donggala.

kain tenun donggala

 

Nama kain tenun ini adalah kain tenun Donggala, atau juga disebut orang sarung donggala. Orang-orang disana menyebutnya sebagai Buya Sabe.

Kain tenun Donggala telah ada sejak ratusan tahun silam.  Kain tradisional dari Kabupaten Donggala itu telah dikenal secara nasional meski namanya tidak seharum batik yang telah ditetapkan menjadi kain busana nasional.

Buya Sabe atau Sarung Donggala, umumnya terbuat dari benang sutra. Dibuat oleh para perempuan paruh baya berusia 50 – 60 tahun dan  gadis remaja berusia 12-20 tahun menggunakan alat tenun bukan mesin, yang terbuat dari kayu berukuran 2×1 meter.

Corak kain tenun ini antara lain, kain palekat garusu, buya bomba, buya sabe, kombinasi bomba, sabe , motif bunga mawar, bunga anyelir, bunga subi, kombinasi bunga subi dan bomba, dan buya subi kumbaja. Corak Buya bomba yang paling sulit, dapat membutuhkan waktu pengerjaan hingga dua bulan. Berbeda dengan corak lainnya hanya beberapa minggu saja.

Dulu, kain atau sarung Donggala hanya boleh dikenakan pada acara perkawinan, sunatan, dan upacara adat. bahkan motif tertentu, seperti palaekat, hanya boleh dikenakan raja atau kaum bangsawan. Seiring dengan perkembangan zaman, kain tenun donggala banyak dimiliki masyarakat umum dan digunakan dalam berbagai kesempatan resmi. Untuk melestarikannya, pemerintah Kabupaten Donggala telah memiliki hak paten atas kain tenun Donggala.

Saat ini, kain donggala makin populer karena para pegawai negeri sipil di Kabupaten tertua di Sulawesi Tengah itu juga diwajibkan memakainya setiap akhir pekan.

Sejumlah tempat di Kabupaten Donggala yang menjadi pusat perajin tenun di antaranya berada di Desa Towale dan Watusampu di Kecamatan Banawa yang berjarak 40 kilometer dari Kota Palu.

Harga kain tenun Donggala pun beragam, mulai Rp300.000,00 hingga Rp700.000,00 tergantung tingkat kesulitan pembuatannya.

 

Anda tertatik untuk mengoleksinya?

Semoga bermanfaat (kk_74)


 

 

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

ORDER & DELIVERY

Telp/SMS : 0822-16902044
BBM : 7E6D9C64
YM : cHat With mE
email : kriyalea@gmail.com

Pengiriman dilakukan setiap Hari Selasa dan Kamis.

LIKE US ON FACEBOOK

TRANSLATION

Live Traffic Feed

Feedjit Widget
free counters