CARA MEMBUAT BATIK PRINTING

Seperti yang kita tahu ada 3 jenis batik, yaitu batik tulis, batik cap dan batik printing (sablon). Pada postingan lalu, anda sudah mengetahui apa itu batik tulis dan batik cap serta cara pembuatannya. Kali ini saya mengajak anda untuk mengetahui apa itu batik printing dan bagaimana cara membuatnya.

Batik printing atau batik sablon adalah jenis batik baru yang mana teknis pembuatannya melalui proses sablon manual atau printing mesin pabrik.  Seperti namanya, teknik pembuatan batik ini sama seperti teknik pembuatan spanduk  hanya saja bedanya adalah pada bahan warna yang digunakan.

Berikut ini adalah peralatan yang digunakan:

1. desain dalam ukuran satu bahan, dengan ukuran 2×1 meter

2. plankan (sejenis alat cetak). Plankan yang digunakan untuk batik adalah plankan dengan pori-pori lebih besar, berbeda dengan plankan untuk spanduk atau kaos.

3. pewarna

4. kain mori

5. valet

 

Berikut ini langkah-langkah pembuatannya:

1. Siapkan desain

2. cetak desain dalam plankan. Jumlah plankan yang dibutuhkan adalah sesuai dengan jumlah warna yang akan digunakan.

3. Siapkan kain mori dasar yang akan disablon, dengan posisi kain mori yang kencang.

4.  Letakkan plankan di atas kain, lalu tuangkan pewarna dan tarik pewarna dari ujung plankan ke ujung plankan lainnya dengan valet.

5. Keringkan kain mori yang telah diberikan warna.

6. Ulangi langkah di atas, untuk setiap perbedaan warna dan desain.

 

Berbeda dengan batik cap, batik sablon printing ini hanya satu sisi kain mori saja yang mengalami proses pewarnaan. Sehingga warna dari batik sablon printing ini relatif lebih mudah pudar.

Dengan teknik pembuatan yang bisa dikatakan tidak rumit, maka jenis batik ini dapat diproduksi dalam jumlah besar karena tidak melalui proses penempelan lilin dan pencelupan seperti batik pada umumnya.
Kelebihan dari batik sablon printing adalah kecepatan dalam produksinya, karena sekali cetak satu warna hanya membutuhkan waktu 5 menit dengan hasil sesuai dengan ukuran plangkan yang digunakan. Selain itu motif batiknya juga bisa lebih detail. Teknik batik sablon printing umumnya digunakan oleh produsen batik untuk memenuhi seragam dalam jumlah yang cukup besar, sehingga biaya produksinya bisa lebih hemat.

Bagaimana?

sekarang anda tahu lebih banyak tentang batik, bukan?

Mari cintai batik! (kk_11)
 

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

ORDER & DELIVERY

Telp/SMS : 088-16157430
BBM : 3153AB35
YM : cHat With mE
email : kriyalea@gmail.com

Pengiriman dilakukan setiap Hari Selasa dan Kamis.

LIKE US ON FACEBOOK

TRANSLATION

Live Traffic Feed

Feedjit Widget
free counters