BATIK SHAHO KHAS KALIMANTAN TIMUR

Bila kalimantan selatan terkenal dengan batik sasirangan, maka kalimantan timur terkenal dengan batik shaho.

Pernahkah anda mendengar batik ini?

batik shaho

 

 

Batik Shaho adalah Batik  pengembangan dari batik batik yang sudah ada sebelumnya di Jawa.  Tidak seperti batik-batik lain yang diciptakan sejak zaman kerajaan, batik Shaho diambil dari singkatan nama depan seluruh anggota keluarga pencipta batik tersebut. Keluarga itu adalah Supratono dan Haryati selaku orangtua dan ketiga anak mereka, Ardi, Hendri, dan Oki.

Shaho awalnya usaha sablon seragam sekolah yang dirintis Oki dan orangtua pada 1990. Keterampilan menyablon didapat dari suatu pelatihan yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Balikpapan. dan pada tahun 1993, usaha sablon itu mulai merambah ke batik.

Sepintas lalu, bila motif batik Kalimantan Timur ini dilihat seperti ragam hias yang terdapat pada tameng atau ornamen pada topi khas Dayak ‘seraung’. Motifnya cenderung sangat sederhana karena garis dan titik yang menjadi ciri khas batik pada umumnya jarang ditemukan pada batik ini.

Batik Shaho, sebagian besar motif batik Kaltim (Kalimantan Timur) mengadopsi motif motif dari suku Dayak, seperti Dayak Kenyah dan Dayak Shaho. Ciri khas batik dari Kalimantan Timur ini, antara lain mempunyai warna warna cerah atau ’jreng’, misalnya merah, hitam, hijau, kuning, dan biru.

Bentuk motifnya juga sangat banyak, di antaranya adalah patung dan tameng. Jenis kainnya untuk batik tulis ini adalah katun dan sutera, sedangkan untuk jenis kain tissue itu merupakan kain bermotif batik.

Proses pembuatan batik tulis ini seperti halnya pengolahan batik yang sudah ada, yaitu dipola, dicanting, diwarna sampai pada proses pencelupan dan sebagainya.

Harga batik batik tersebut bervariasi karena tergantung dari jenis kain dan proses pembuatannya. Karena itu, ada yang dijual per meter, ada pula yang per potong, dan ada pula yang dipasarkan siap pakai.  Untuk yang jenis kainnya katun dan proses membatiknya menggunakan teknik printing bukan sablon, harga per meternya bisa Rp 15.000.

Sayangnya, Batik produksi Shaho amat sulit didapat. Produk tidak dijual bebas di butik atau pusat perbelanjaan seperti batik-batik lainnya. Batik Shaho cuma bisa didapat di tempat pembuatan di Batu Ampar, Kalimantan timur.

 

Semoga bermanfaat (kk_58)

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

ORDER & DELIVERY

Telp/SMS : 088-16157430
BBM : 3153AB35
YM : cHat With mE
email : kriyalea@gmail.com

Pengiriman dilakukan setiap Hari Selasa dan Kamis.

LIKE US ON FACEBOOK

TRANSLATION

Live Traffic Feed

Feedjit Widget
free counters